Home » Berita » Peletakan Batu Pertama Institut Javanologi UNS
batu

Peletakan Batu Pertama Institut Javanologi UNS

UNS, semar.tv- Universitas Sebelas Maret Surakarta kini telah memulai tahap pembangunan museum javanologi yang berbasis riset serta bertaraf internasional di lingkungan Kampus Kentingan UNS. Peletakan batu pertama dilaksanakan pada Rabu, (21 /08/2013) dengan dihadiri oleh rektor, pembantu rektor, dekan, kepala biro, ketua lppm, perwakilan dari institut Javanologi serta pihak kontraktor yang nantinya bertugas sebagai pelaksana pembangunan gedung 4 lantai ini.

Gedung yang nantinya berlokasi di sebelah utara fakultas kedokteran ini akan diisi dengan benda-benda bersejarah, eksplorasi penelitian, serta pengetahuan tentang kultur Jawa. Tidak hanya itu, akan disediakan pula koleksi batik, fasilitas ekshibition atau pameran, ruang seminar, dan lain-lain.

Pembangunan institut javanologi ini sesuai dengan 6 pilar keunggulan UNS menuju tahun 2030 yakni Keunggulan Universitas tematik bidang kebudayaan Jawa, herbal medicine, perubahan iklim dan keragaman hayati, energi baru dan terbarukan, pengembangan SDM, dan ketahanan pangan;

Bangunan yang bersifat monumental ini akan dibangun dengan jangka waktu 140 hari kalender, dengan nilai proyek sebesar Rp30,5 Miliar dan dibiayai oleh APBN. Museum ini tidak hanya ditargetkan untuk kalangan akademis saja, tetapi juga masyarakat umum. Dengan adanya pembangunan museum javanologi ini, diharapkan pengetahuan serta kecintaan akan budaya Jawa semakin bertambah.()